Lupus Penyakit Seribu Wajah

Senin, 18 Maret 2013
Masyarakat pada umumnya mungkin tidak terlalu mengenal penyakit lupus. Penyakit yang dijuluki penyakit seribu wajah ini memang susah dideteksi pada awalnya. Ini karena lupus menyerang hampir seluruh organ dan sistem tubuh, sehingga menunjukkan banyak gejala. Jika tidak diperiksa secara detail, dokter bisa menyimpulkan lupus sebagai penyakit lain, karena memang symptom-nya sama dengan penyakit lain dan beragam.
Selain disebut Lupus Penyakit Seribu Wajah, Lupus sendiri merupakan penyakit autoimun dimana sistem pertahanan berbalik menyerang sel tubuh, artinya begini; tubuh memiliki sel pertahanan yang berfungsi melindungi tubuh dari masuknya benda/mahluk asing. Namun dalam prosesnya, sel pertahanan malah balik menyerang sel tubuh yang semestinya menjadi kawan. Dan lupus sendiri bukanlah penyakit menular namun merupakan penyakit yang bisa diturunkan.
Lupus berdasarkan tipenya dibagi menjadi dua yaitu Cutaneous Lupus Eruthematosus (dimana gejalanya hanya timbul pada kulit) dan Lupus Sistemik atau SLE. Untuk yang sistemik, biasanya menyerang hampir seluruh organ mulai dari sendi, jantung, ginjal dan lainya. Gejala lupus sistemik beragam namun biasanya muncul lebih dari satu gejala seperti rambut rontok, timbul erosi pada bibir, nyeri pada sendi dan foto sensitif (jika terkena matahari, kulit yang terpapar akan timbul ruam merah atau seperti terbakar).
Meski lupus bisa diturunkan, namun lupus tidak serta merta langsung muncul saat lahir. Faktor luar juga sangat berpengaruh seperti paparan sinar matahari yang berlebih, yang dapat merangsang perubahan gen membentuk autoimun. Walau termasuk penyakit yang diderita seumur hidup, penderita lupus dapat hidup normal dengan atau tanpa obat sesuai dengan berat ringatnya kasus. Yang utama adalah menerapkan Gaya Hidup Sehat guna mencegah lupus makin bertambah buruk.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda sedang membaca artikel Berita, Kesehatan dengan judul Lupus Penyakit Seribu Wajah. Diposting pada hari : , rating 4.2. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Saya ( Bk antara ) mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat. Saya nantikan kunjungan anda berikutnya :)
0 comments:
Posting Komentar

Google+ Add Facebook RSS FEED