Cara Penanganan Batuk Pilek Pada Anak

Jumat, 30 Desember 2011
Batuk dan pilek merupakan hal biasa yang sering terjadi pada anak-anak. Menurut ilmu Naturopathy, batuk dan pilek tidak selalu merupakan reaksi negatif dari tubuh, bahkan itu merupakan bagian dari reaksi positif tubuh, untuk mengeluarkan toksin atau racun yang menumpuk dalam tubuh, terutama dalam saluran pernafasan.
Produksi slem (lendir/dahak) ketika kita mengalami batuk dan pilekmerupakan proses positif tubuh dalam membuang racun atau toksin, walaupun prosesnya selalu tidak nyaman. Tugas kita adalah membantu proses tubuh agar ketidaknyamanan itu tidak berlangsung terlalu lama.
Beberapa cara penanganan batuk dan pilek pada anak :
  • Usahakan minum air putih hangat sesering mungkin; ini akan membantu proses pengeluaran slem lebih cepat.
  • Berikan jus jeruk + madu dengan royal jelly dua kali dalam satu hari, pagi kala perut kosong dan malam sebelum tidur.
  • Ajari anak menghirup uap air panas yang dicampur beberapa ramuan herbal pagi dan sore hari selama 10 - 15 menit atau semampunya. (didihkan 1 liter air, lalu campurkan 1 ibu jari potongan jahe + sejumput cengkeh + 1 sendok makan garam + sedikit mint kalau ada.)
  • Kompres hangat sekitar hidung, kening, muka dan bagian dada.
  • Pijat bagian muka, terutama di sekitar mata dan kening dengan minyak bayi. Pijat juga pada bagian dada dan punggung belakang dengan minyak hangat.
  • Ketika anak tidak punya selera makan, berikan air madu hangat sesering mungkin ditambah dengan jus buah-buahan secukupnya.
  • Bila diburuhkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak tambahkan makanan kesehatan pada menunya.

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

    Anda sedang membaca artikel Kesehatan, Tips Sehat dengan judul Cara Penanganan Batuk Pilek Pada Anak. Diposting pada hari : , rating 4.2. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Saya ( Bk antara ) mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat. Saya nantikan kunjungan anda berikutnya :)
    0 comments:
    Posting Komentar

    Google+ Add Facebook RSS FEED