Flu bukan Pilek biasa

Kamis, 17 November 2011
Orang sering menggunakan istilah flu untuk menggambarkan gejala pilek. Tahukah Anda kalau istilah tersebut sebetulnya tidak tepat !!
Batuk pilek sebenarnya merupakan penyakit infeksi virus pernafasan yang tidak berbahaya. Istilah medis untuk batuk pilek yang biasanya menyerang anak-anak ini adalah common cold.
"Common cold berbeda dengan flu, karena flu adalah kependekan dari penyakit influenza yang disebabkan virus influenza." kata pakar kardiologi FKUI/RSCM Dr. Dianiati Kusumo Sutoyo,SpP(K). Gejala common cold sangat bervariasi, antara lain ingus sering keluar encer dan bening, tenggorokan kering dan sakit, batuk, bersin, mata berair dan hidung tersumbat. Kadang-kadang disertai demam ringan, lemas ringan, sakit kepala ringan, dan pegal-pegal.
Berbeda dengan flu. Flu adalah penyakit pernafasan akibat virus influenza A atau B yang memiliki gejala lebih serius, yaitu gejala pernafasan dan gejala siskemik. Gejala pernafasan berupa tenggorokan kering, batuk disertai dengan keluarnya dahak dan sesak nafas. Gejala sistemiknya menonjol seperti demam tinggi. Pada anak-anak sering disertai menggigil, nyeri otot hebat (mialgia), sakit kepala dan badan lemas (malaise).
Dianiati mengungkapkan, jika tubuh seseorang menang melawan serangan virus influenza, maka gejalanya bisa mereda dalam waktu 5-7 hari. Namun jika terjadi komplikasi, penyakit ini dapat berlanjut menjadi berat seperti bronchitis, bahkan sampai ke radang paru (pneumonia). Hal ini bisa menyebabkan sakit berkepanjangan atau bahkan berakibat kematian. Risiko komplikasi meningkat pada usia tua, anak-anak dan balita, orang dengan penyakit kronis dan orang dengan daya tahan tubuh yang rendah.
Oleh karena itu, menurut Dianiati, upaya pencegahan dengan vaksinasi influenza sangat dianjurkan pada kelompok orang-orang berisiko tinggi. Artinya, mencegah itu lebih baik daripada mengobati yang mengandung risiko fatal.Antibiotika terkadang juga diberikan dokter. Sebenarnya antibiotika bukanlah obat yang tepat untuk virus, tetapi lebih cocok untuk bakteri. Namun ketika terjadi komplikasi seperti infeksi bakteri di bagian tengah telinga atau sinusitis, antibiotika dalam hal ini memang diperlukan.
Jika ingin mencegah terjadinya batuk pilek, maka tindakan yang paling bijaksana pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya yaitu dengan memperbaiki pola makan, berolah raga teratur, mengatasi stress dan tidur cukup. Apabila perlu kurangi konsumsi minuman olahan yang mengandung gula, juga makanan dan minuman yang mengandung pengawet serta pewarna buatan, karena bisa menurunkan jumlah sel-sel darah putih dan melemahkan kemampuan sel-sel darah putih melawan virus. Sebaiknya tiap hari kita mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi seimbang dan dengan menu yang bervariasi. Usahakan jangan sampai kekurangan protein, vitamin A, vitamin C dan Seng. Dan tidak kalah pentingnya adalah minumlah air putih yang cukup.
Semoga bermanfaat.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda sedang membaca artikel Kesehatan dengan judul Flu bukan Pilek biasa. Diposting pada hari : , rating 4.2. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Saya ( Bk antara ) mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat. Saya nantikan kunjungan anda berikutnya :)
0 comments:
Posting Komentar

Google+ Add Facebook RSS FEED