7 Tips Ide Ngeblog

Kamis, 19 Januari 2012
Salam... Sahabat semua kabar baik hari ini bukan ? Pembahasan kita kali ini adalah mengenai 7 tips ide Ngeblog yang saya pelajari ketika awal blog ini saya buat. Tanpa banyak basa-basi, biar nggak kebasian.. langsung aja kita masuk topik 7 tips ide ngeblog.
A. Motivasi awal ngeblog harus benar. 
Apa Motivasi anda ngeblog? Kebanyakan orang mempunyai motivasi yang salah. Banyak yang merasa bahwa kualitas tulisan mereka harus bagus dulu sebelum mereka berani ngeblog. Akibatnya mereka tidak pernah memulai… atau bahkan tidak menyelesaikan apa yang sudah mereka mulai. Nah motivasi yang benar ketika ngeblog pribadi adalah: Bahwa anda sedang berlatih menulis. Anda sedang memberi… anda sedang berbagi. Jika anda datangkerumah seorang teman, untuk berbagi sesuatu, anda membawa kabar baik, maka anda akan datang dengan percaya diri kan? Nah begitu juga dengan ngeblog. Selalu miliki prinsip bahwa anda sedang memberi – berbagi, maka anda akan menulis dengan nyaman dan tenang. Dan setelah sekian lamanya ngeblog, biasanya di artikel ke 50, anda tidak akan mengalami demam menulis lagi. Tulisan anda akan mengalir seperti aliran air di sungai. Itu yang saya rasakan baru gejalanya saat ini, he.. he.. he.. " maklum masih blogger anyaran.."
B. Ceritakan Hal-Hal Yang Anda Alami Sehari-hari. 
Cara termudah untuk mulai menulis dan terus menulis adalah ini: “Ceritakan saja hal-hal yang anda alami sehari-hari”, tanyakan diri anda: “apa yang saya alami hari ini yang menarik untuk diceritakan?”, jika tidak hari ini, bagaimana dengan kemaren?. Anda akan menemukan ada beberapa ide yang bisa dituliskan. Sederhana bukan? Cobalah!
C. Menulislah Sesuatu Yang Anda Kuasai Atau Sukai. 
Jika kita menulis sesuatu yang menarik bagi diri kita sendiri, maka kita akan menulisnya dengan antusias dan senang. Coba ingat kapan terakhir kali ketika mata anda berbinar-binar ketika menceritakan sesuatu kepada teman anda? Anda tampak begitu bersemangat, anda bisa bercerita dengan sangat lancar, bahasa tubuh anda juga menarik, anda bisa bercerita berjam-jam tanpa stop bukan? Hal ini mencakup, hobi anda, puisi cinta untuk orang yang anda sayangi, tips-tips melakukan sesuatu yang anda biasa lakukan atau pandai lakukan. Bahkan jika hal itu hanya hal sederhana dalam melakukan sesuatu menurut anda… menurut orang lain bisa jadi sangat menarik.Anda sesekali boleh melucu dan menulis sesuatu yang konyol juga di blog anda. Pengunjung blog anda akan senang dengan postingan semacam itu.
D. Ceritakan Kembali Buku, Produk, Film Yang Anda Sukai. 
Dari setengah lebih tulisan di blog ini menuliskan buku-buku menarik yang saya baca adalah kecenderungan yang saya lakukan (biasaaa hobinya baca sih..). Begitu juga dengan film yang anda suka, produk yang anda pakai dan anda suka, anda bisa menceritakannya di blog anda. Dijamin, anda akan menjadi promotor yang baik jika sering menuliskan kembali apa yang sangat menarik yang anda baca, tonton dan lihat baru-baru ini.
E. Main Ke Blog Orang Lain Untuk ‘Mencuri Ide’. 
Tehnik AMPUH yang lain adalah dengan melakukan ‘blogwalking’ atau berkunjung ke blog orang lain…untuk ‘mencuri/menemukan ide’ disana. Kuncinya adalah: Jangan ambil idenya 100% tetapi dengan membaca berbagai postingan di beberapa blog orang lain… anda akan menemukan banyak ide untuk dituliskan di blog anda sendiri. Bahkan, saya yakin anda akan mendapatkan terlalu banyak ide dari blog-blog favourite anda. Semuanya itu akan memberi warna yang berbeda ke blog anda.
F. Siapkan Draf Ketika Sedang Banyak Ide. 
Tidak setiap kali saya mempunyai banyak ide untuk dituliskan. Tetapi saat-saat tertentu, begitu saya mendapat ide, tiba-tiba ada banyak ide lain yang datang silih berganti. Jika anda sedang kebanjiran ide seperti ini, namun belum sempat menuliskan semuanya menjadi artikel, maka tuliskan saja judul-judulnya dan simpan sebagai “draft’ untuk anda lanjutkan lain kali. Dengan menyimpan ide-ide blog dalam bentuk draf, anda bisa kembali lagi lain kali dan tidak kehilangan ide-ide menarik tersebut.
G. Menulis Sekaligus Tetapi Jadwalkan Kapan Terbitnya.
Cara yang lain ketika sedang ‘mempunyai mood yang tinggi dalam menulis’ adalah dengan menulis sekaligus namun tidak menerbitkan semuanya sekaligus. Tetapi anda menjadwalkannya untuk diterbitkan beberapa hari atau bahkan minggu kedepan. Dengan menulis sekaligus tetapi menerbitkan kemudian, maka kita bisa menulis banyak sekaligus dan tidak kehilangan ide, tetapi diterbitkan belakangan. Cara ini memastikan blog tetap terupdate sehingga pengunjung tetap senang karena selalu menemukan hal yang baru, begitu juga search engine senang karena menemukan isi yang baru. 

OK, sedemikianlah para sahabat sambutan dari saya... "eh seperti Pak Lurah nutup sunatan aja..." yang jelas 7 tips ide ngeblog tadi bermanfaat.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda sedang membaca artikel Blogging dengan judul 7 Tips Ide Ngeblog. Diposting pada hari : , rating 4.2. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Saya ( Bk antara ) mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat. Saya nantikan kunjungan anda berikutnya :)
2 comments:
Anonim mengatakan...

awalnya harus begitu tapi menjadi blogger sejati dan punya karakter sendiri sesuai dengan tema sendiri perlu dipertahankan. mencari ide boleh tapi asal jangan COPAS ,mungkin kena tendangan panda google nanti . . .;-),info nice ,keep bloging,salam

Bk antara mengatakan...

Yups.. thank's Bro Wayan
menyuguhkan blog dengan karakter masing2 adalah kuncinya,
tips 7 ide ngeblog paling tidak memberi jalan awal untuk menemukannya :)
keep moving..

Posting Komentar

Google+ Add Facebook RSS FEED