Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sabtu, 23 Februari 2013
Berikut Ville Sehat membagikan tips menjaga kesehatan pencernaan, dan juga sebagai jawaban apa saja penyebab gangguan kesehatan pencernaan. Ternyata, beberapa jenis makanan bisa memicu masalah pencernaan. Agar tidak terjadi masalah dalam sistem pencernaan Sahabat, coba hindari beberapa makanan berikut, yang dilansir melalui Health- Ghiboo.com.
Tinggi lemak dan gorengan
Kedua makanan ini bisa memperberat kerja perut, sehingga memicu refluks asam dan mulas. Makanan tinggi lemak juga menyebabkan tinja berwarna pucat, atau biasa dikenal dengan steatorrhea.
Penderita sindrom iritasi usus juga diharuskan mengurangi asupan makanan tinggi lemak, termasuk mentega dan krim.
Bubuk cabai
Semua makanan pedas mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan perut mulas. Makanan pedas juga sebaiknya dihindari bagi para penderita sindrom iritasi usus besar atau mereka yang menderita maag kronis.
Susu
Ya, tubuh memerlukan kalsium untuk tulang. Seperti Anda tahu pemenuhan kalsium untuk kesehatan tulang sangat penting, agar terhindar dari penyakit Tulang Keropos. Namun, Anda bisa memperoleh asupan kalsium dari produk susu lainnya, seperti keju. Bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleran laktosa), susu bisa menyebabkan diare, perut penuh gas, dan kembung serta kram. Penyakit celiac, crohn dan kemoterapi dapat merusak usus yang juga menyebabkan intoleran laktosa.
Alkohol
Memang sih, alkohol membuat tubuh menjadi rileks. Sayangnya, alkohol juga menyebabkan refluks asam atau mual. Minuman ini juga memicu peradangan lapisan perut, merusak enzim tertentu dan mencegah nutrisi diserap. Terlalu banyak menegak alkohol juga menyebabkan diare dan kram.
Beri
Buah-buahan keluarga beri memang baik, namun biji halusnya bisa menjadi masalah bagi penderita diverticululitus (penyakit di usus besar di mana muncul kantong-kantong gelembung di luar usus besar).
Cokelat
Penelitian pada tahun 2005 menunjukkan bahwa cokelat sebaiknya dihindari bagi penderita sindrom iritasi usus besar atau sembelit kronis. Cokelat juga mengandung kafein yang memicu kram, kembung dan diare.
Kopi, teh, dan soft drink
Kopi, teh, dan minuman bersoda tidak hanya meningkatkan asam lambung tetapi juga bertindak sebagai diuretik yang bisa menyebabkan diare dan perut kram. Minuman berkafein juga menyebabkan masalah tertentu, terutama bagi penderita gastroesophageal reflux disease (GERD). Kabar terbaru, jikalau Anda punya kebiasaan minum es teh sebagai teman saat makan, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan Mengurangi Minum Es Teh.
Jagung
Jagung mengandung selulosa, sebuah jenis serat yang tidak bisa dicerna dengan mudah. Jika Anda tetap ingin memakan jagung, cobalah dikunyah lebih lama. Jika tidak sempurna mengunyahnya, bisa menyebabkan sakit perut dan perut penuh gas.
Demikian tips menjaga kesehatan pencernaan, semoga memberi manfaat :)


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda sedang membaca artikel Kesehatan, Tips Sehat dengan judul Menjaga Kesehatan Pencernaan. Diposting pada hari : , rating 4.2. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Saya ( I K Antara ) mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat. Saya nantikan kunjungan anda berikutnya :)
0 comments:
Poskan Komentar

Google+ Add Facebook RSS FEED